Rachmad Lasaka

Guru matematika SMP Negeri 2 Luwuk, Kab.Banggai, Sulawesi Tengah. Aktif di kegiatan kerelawanan pendidikan, sosial, dan kemanusiaan......

Selengkapnya
Navigasi Web
Setiap Anak Pasti Bisa...!!!

Setiap Anak Pasti Bisa...!!!

Ini adalah kelas 9A7 di sekolahku. Kelas paling akhir di kelas 9. Jmlah siswanya tak byk, hny sekitar 30-an. Mereka bukan kelas unggulan ataupun favorit. Isinya adalah anak2 biasa, yg kurang menonjol dr sisi pelajaran. bbrp anak sering alpa, bbrp yg lain sering keluar masuk BK, bbrp lg trlibat kasus dgn guru, sisanya adalah yg pendiam dgn pandangan kosong saat guru mnjelaskn materi pelajaran.

Kelas bgini sdh hal yg biasa bagi sy, karena setiap tahun sy selalu menemukan tipe kelas sprti ini, bahkan lebih parah. Guru yg mngajar di kelas ini tentu butuh tenaga ekstra utk mmbuat mereka mnjadi anak yg "manis". Stiap hari ada sj keluhan dr guru2 ttg mereka. Yg tak bikin PR, telat kumpul tugas, keluar masuk kelas, ribut, alpa, banyakan maen game, dan msh byk lg.

Trkadang muncul dlm diri sy utk brsikap masa bodoh dgn mereka, karena tak sanggup lg mnghadapi ulah mereka. Tapi sy mnyadari bhwa ini tantangan buat sy. Sy msh percaya mereka msh memiliki kemampuan yg lain yg tdk sy ketahui.

‌Minggu lalu sy mmberi tugas utk mereka. Mmbuat bahan presentasi di kertas karton, dan mempresentasikannya di kelas. Awalnya sy ragu mereka akn mmbuatnya, karena seluruh bahan presentasi sy minta mereka mncarinya sendiri di internet atau di perpustakaan.

Dan Alhamdulillah, mereka mnyesaikan tugas itu dan mmpresentasikannya di kelas. Bbrp siswa yg selama ini pndiam di kelas trnyata jago moderator. Yg sering ribut justru jd presenternya (meskipun hny dgn mmbaca)

Sy senang dgn usaha yg mereka lakukan. Mulai dr mmbaca bahan ajar, mngklasifikasikan, memilih, mnuangkan dlm gambar, dan mnceritakannya di depan teman2nya di kelas. Sy jd tau bgmn mereka mnginterpretasi sebuah materi pelajaran yg blm pernah diajarkan mnjadi sebuah bahan presentasi. Disiniah yg sbnrnya trjadi "belajar"

Sy tak peduli lg apakah mereka paham atau tdk dgn yg mereka sampaikan. Toh jg diakhir sesi sy yg mmberikan penguatan dan refleksi. Tapi sy puas, setidaknya sy telah melihat mereka dr sisi yg lain dgn cara matematika...

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post